25 Juli 2024
Soal Wawali Kota Kediri, Tiga Bulan Surat Dilayangkan Belum Ada Calon yang Didaftarkan

Soal Wawali Kota Kediri, Tiga Bulan Surat Dilayangkan Belum Ada Calon yang Didaftarkan

Kediri, demonstran.id – Sudah tiga bulan ini pelayangan surat dari Panitia Pemilihan (Panlih) pengisian jabatan Wakil Walikota (Wawali) Kediri belum juga mendapat balasan dari Walikota Kota Kediri maupun partai pengusung.

Pelayangan surat tersebut dimaksudkan untuk mendorong munculnya calon Wakil Walikota Kediri yang didaftarkan terlebih dahulu melalalui Panlih dan akan diputuskan melalui Paripurna. Di mana, sebanyak 30 anggota Legislatif Kota Kediri akan memberikan vote atau hak suaranya untuk menentukan siapa calon Wakil Walikota Kediri nantinya.

Diketahui, kursi jabatan Wakil Walikota Kediri saat ini telah lama kosong pasca meninggalnya Hj Lilik Muhibbah pada 15 Februari 2020 lalu sebagai Wakil Walikota Kediri periode 2019-2024.

Bisa dikatakan, hampir dua tahun ini kursi jabatan AG 2 tersebut kosong tanpa adanya sosok pengganti di singgah sana.

Ashari, wakil anggota Panlih pengisian jabatan Wakil Walikota Kota Kediri mengaku, jika sejauh ini Panlih telah berupaya keras dalam mendorong segera terisinya kursi jabatan Wakil Walikota. Namun hingga detik ini, sejumlah upaya yang telah dilakukan tersebut belum mendapat respon dari sejumlan pihak-pihak terkait.

“Kami sudah berkirim surat kepada Walikota dan kedua partai pengusung yakni PAN dan NasDem untuk segera mengirimkan calon sebagai kandidat Wakil Walikota. Tapi sejauh ini memang surat tersebut belum mendapat balasan,” kata Ashari kepada Demonstran.id, Rabu (2/3).

Tak berhenti di situ, Ashari mengaku, bahwa Panlih sebelumnya juga sempat menggelar audiensi kepada Walikota Kediri dan kedua partai pengusung.

“Tapi memang dari audiensi tersebut masing-masing partai pengusung mengaku jika hari ini mereka masih menunggu arahan dari DPP,” ungkapnya.

“Sebenarnya bola saat ini ada di tangan kedua partai pengusung. Karena dari Legislatif sebenarnya sudah mempersiapkan semuanya mulai dari draft tata tertib pengisian hingga membentuk Panlih,” terangnya.

Lebih lanjut, politisi dari Fraksi Demokrat itu sebenarnya cukup menyayangkan terkait belum juga terisinya kursi Walikota Kediri. Maka dari itu, dirinya berharap agar kursi Walikota Kediri segera terisi. Mengingat, dengan adanya sosok seorang wakil diharapkan dapat berdampak positif dalam menjalankan roda pemerintahan Kota Kediri saat ini khususnya dalam menuntaskan berbagai permasalahan yang saat ini muncul.

“Kami berharap partai yang bersangkutan atau di sini ialah partai pengusung agar secepatnya mengusulkan nama ke Panitia Pemilihan (Panlih) DPRD Kota Kediri, karena banyak persoalan yang mesti segera diselesaikan di tengah situasi pandemi seperti saat ini”.
 
“Maka dari itu, saya berpesan kepada pihak-pihak terkait agar meninggalkan sejumlah kepentingan yang dimiliki satu sama lain. Sehingga masyarakat di sini tidak menjadi korban atas adanya kepentingan tersebut,” imbuhnya.(glh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *