24 Juni 2024
Ada Bansos Santunan Kematian untuk Warga Kota Kediri, Begini Cara Mengaksesnya

Ada Bansos Santunan Kematian untuk Warga Kota Kediri, Begini Cara Mengaksesnya

Kediri, demonstran.id – Pemberian santunan kematian merupakan bentuk komitmen pemerintah untuk membantu masyarakat yang membutuhkan.

Dalam hal ini pemerintan memberikan bantuan berupa uang sebesar 2 juta rupiah untuk masing-masing penerima.

Seperti yang di Kota Kediri, Jawa Timur. Di mana Dinas Sosial Kota Kediri telah mencairkan anggaran untuk santunan kematian sejumlah Rp1.082.000.000 dari total 541 pemohon. “Beberapa hari kemarin sudah cair tahap 6 jumlah pemohon 81 dengan nilai masing-masing Rp2 juta jadi totalnya Rp162 juta,” kata Paulus Luhur Budi, Kepala Dinas Sosial Kota Kediri.

Dalam hal ini Dinas Sosial Kota Kediri berperan dalam merekap data pemohon yang masuk, apabila memenuhi syarat maka selanjutnya dilimpahkan kepada Badan Pendapatan, Pengelola Keuangan, dan Aset Daerah (BPPKAD) Kota Kediri. Kemudian, apabila berkas sudah lengkap maka BPPKAD mengirimkannya ke Bank Jatim untuk diterbitkan virtual account untuk pencairan

“Virtual account itu lalu dikirim ke Dinas Sosial kita buatkan kartu dan kita sampaikan ke kelurahan dan kartu virtual account sudah bisa diambil ke Dinsos oleh yang bersangkutan atau perangkat kelurahan,” ujarnya.

Terakhir, virtual account tersebut selanjutnya dapat dicairkan melalui Bank Jatim. Penggunaan metode tersebut diharapkan santunan kematian bisa tersalur ke masyarakat dengan cepat yakni paling lambat dua minggu setelah proses pengajuan.

Adapun syarat pengajuan santuan kematian, antara lain: KTP/KK warga yang meninggal, KTP/KK pemohon, surat kematian, surat keterangan tidak mampu dari kelurahan, SPJ kwitansi, pakta integritas, serta rincian penggunaan. Untuk meringankan beban masyarakat kurang mampu di Kota Kediri yang ditinggalkan keluarganya meninggal. Dengan adanya bantuan tersebut, Paulus berharap bisa meringankan beban keluarga yang ditinggal dan bisa digunakan semestinya. “Semoga masyarakat bisa terbantu. Jadi ketika dalam keadaan berduka mereka tidak bingung memikirkan biaya untuk pemakaman dan selamatan,” tandasnya.(glh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *