2 Februari 2023
Tingkatkan SDM Calon Kepala Sekolah, Dindik Kota Kediri Adakan Pembinaan

Tingkatkan SDM Calon Kepala Sekolah, Dindik Kota Kediri Adakan Pembinaan

Kediri, demonstran.id – Guna membekali calon kepala sekolah dalam mencapai kualitas yang lebih unggul, Dinas Pendidikan Kota Kediri menyelenggarakan Pembinaan Bakal Calon Kepala Sekolah, Senin (9/1). Bertempat di Aula RA Kartini Dinas Pendidikan Kota Kediri, kegiatan pembinaan diikuti oleh 35 calon kepala sekolah yang berlatar belakang sebagai guru penggerak dan non penggerak jenjang TK, SD, SMP Negeri se-Kota Kediri. Kegiatan pembinaan terbagi ke dalam beberapa sesi, seperti: pemaparan materi hasil kinerja calon kepala sekolah, seminar kepemimpinan, serta evaluasi kurikulum sekolah. Marsudi, Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kota Kediri mengutarakan untuk menjadi kepala sekolah bukanlah hal yang mudah namun diperlukan kesiapan dan manajemen yang baik.

“Jangan sampai adigang, adigung, adiguna. Seorang kepala sekolah tidak harus duduk di meja tapi harus turun ke lapangan, bahkan untuk memberi contoh menyapu,” kata Marsudi. Dirinya juga menjelaskan bahwa untuk mencapai posisi kepala sekolah, seorang guru dituntut untuk menguasai sejumlah keterampilan, seperti public speaking dan penguasaan IPTEK. “Memang sekarang tidak ada seleksi, namun harus tetap memenuhi persyaratan yang dipilih dari pengawas dan Organisasi Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S),” jelasnya.

Oleh karena itu, lanjut dia ada beberapa hal penting yang harus senantiasa dilaksanakan oleh para calon kepala sekolah, yakni harus mempunyai komitmen kinerja tinggi, komitmen loyalitas dan komitmen untuk meningkatkan kompetensi. Usai merampungkan kegiatan pembinaan, para calon kepala sekolah nantinya akan menjalani rangkaian tes psikologi. “Nanti tahap terakhir ada tes psikologi yakni sebagai perbendaharaan Dinas Pendidikan untuk mengetahui kondisi psikologis calon kepala sekolah. Manakala suatu hari ada permasalahan muncul kita lihat hasil tesnya jadi kita tahu seperti apa dinas akan memberikan pembinaan,” ujarnya.

Dengan dilaksanakannya kegiatan ini Marsudi berharap agar calon kepala sekolah lebih siap secara fisik maupun mental. Menurutnya tanggung jawab sebagai kepala sekolah memiliki banyak tugas yang harus diselesaikan. “Jadi kepala sekolah tidak enaknya saja tapi ada banyak tugas yang harus diselesaikan. Semoga dengan pembinaan ini mereka punya gambaran secara umum untuk pembenahan diri,” pungkasnya.(glh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *