24 Juli 2024
Sediakan Mesin ADM, Permudah Pencetakan Dokumen Kependudukan

Sediakan Mesin ADM, Permudah Pencetakan Dokumen Kependudukan

Kediri, demonstran.id – Dalam proses pembuatan dokumen kependudukan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Kediri terus berusaha untuk memberikan pelayanan yang semakin mendekatkan dan memudahkan masyarakat. Salah satunya dengan menyediakan mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) untuk memudahkan pencetakan dokumen kependudukan yang bisa dilakukan secara mandiri.

Hal tersebut dijelaskan oleh Samsul Bachri, Kepala Dispendukcapil Kota Kediri saat ditemui. Ia menjelaskan jika dokumen yang diterbitkan oleh Dispendukcapil ada beberapa yang dapat dicetak secara mandiri. Untuk itu, pihaknya menyediakan mesin ADM tersebut di kantor Dispendukcapil Kota Kediri untuk memudahkan para masyarakat yang ingin mencetak dokumen kependudukan secara gratis tanpa dipungut biaya.

“Jadi masyarakat yang mungkin kebingungan untuk mencetak dokumen kependudukan seperti kartu keluarga atau akta kelahiran dapat mendatangi mesin ADM yang sudah kita sediakan di kantor Dispendukcapil Kota Kediri. Disana masyarakat bisa mencetak dokumen apa yang sesuai dengan yang mereka urus sebelumnya,” ungkap Samsul Bachri, Rabu (13/4).

Samsul menambahkan dalam penyediaan mesin ADM tersebut sebenarnya sudah dilakukan pada tahun 2021 kemarin. Namun karena situasi pandemi yang kurang memungkinkan untuk melakukan uji coba mesin pada saat itu, maka baru sekarang mesin ADM tersebut disediakan untuk masyarakat.

Saat ini mesin ADM masih belum dapat melayani pencetakan KTP-el karena adanya sedikit kendala. Namun kedepan Samsul berharap pencetakan KTP-el dapat segera dilakukan di mesin ADM tersebut.

“Mesin ADM ini sudah kita operasikan sejak Senin (11/4) kemarin. Kita sudah melakukan uji coba dan sekarang sudah bisa digunakan untuk melayani masyarakat yang ingin melakukan pencetakan dokumen kependudukan,” ucap Samsul Bachri.

“Saat ini pencetakan KTP-el masih belum dapat dilakukan, namun kedepan kita akan memaksimalkan mesin tersebut agar bisa digunakan untuk pencetakan KTP-el. Supaya selain mempermudah, tapi juga mempercepat pencetakan kartu identitas,” imbuhnya.

Diakhir pembicaraannya, Samsul berharap pengadaan mesin ADM dapat ditambah lagi untuk ditaruh di tiap-tiap kantor kecamatan. Sehingga masyarakat tidak perlu repot repot-repot mendatangi kantor Dispendukcapil untuk melakukan pencetakan dokumen, cukup mendatangi kantor kecamatan masing-masing wilayah. 

“Saat ini kita masih memiliki 1 mesin ADM saja yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Saya berharap pengadaan mesin ADM ini bisa ditambah lagi. Karena saya memiliki rencana untuk menaruh mesin ADM ini di tiap-tiap kantor kecamatan. Jadi masyarakat tak perlu repot untuk mendatangi ke kantor Dispendukcapil. Cukup mendatangi kantor kecamatan sesuai wilayah masing-masing,” pungkasnya.(glh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *