1 Oktober 2023
Mars Pancasila Rutin Berkumandang Hingga Pusat Perbelanjaan

Mars Pancasila Rutin Berkumandang Hingga Pusat Perbelanjaan


Kediri, demonstran.id – Gerakan rutin untuk mengumandangkan lagu Mars Pancasila oleh Pemerintah Kota Kediri sudah mulai dilaksanakan. Gerakan yang dimulai sejak 1 Juni 2021 ini bertujuan untuk memupuk jiwa nasionalisme masyarakat Kota Kediri. Masyarakat Kota Kediri diajak mendengarkan Mars Pancasila setiap hari pada pukul 14.00 WIB. 
Gerakan mendengarkan Mars Pancasila ini diputar di tempat-tempat publik seperti di pusat perbelanjaan dan _traffic light_ yang ada di Kota Kediri. Pusat perbelanjaan sudah memulai gerakan mengumandangkan Mars Pancasila sejak kebijakan ini dikeluarkan. Seperti yang dilakukan di  Kediri Mall dan Dhoho Plaza. Kedua pusat perbelanjaan ini serentak mengumandangkan Mars Pancasila pada pukul 14.00 WIB. 
“Sejak tanggal 1 Juni 2021 kemarin kita sudah mengumandangkan Mars Pancasila sampai hari ini pada jam 14.00 WIB,” ungkap Arif Yudianto selaku pihak pengelola Kediri Mall saat dimintai wawancara, Sabtu, (5/6).
“Kebijakan ini kami lakukan setelah menerima pemberitahuan dari Pemerintah Kota Kediri mulai 1 Juni 2021 untuk Mengumandangkan lagu Mars Pancasila sampai seterusnya” ungkap Arif Yudianto.
Ia menambahkan bahwa pihaknya sebelum melaksanakan kegiatan tersebut memberitahukan kepada pengunjung agar berhenti beraktivitas sebentar untuk mendengarkan lagu Mars Pancasila ini melalui pengeras suara. Mereka juga akan selalu mendukung kebijakan dari Pemerintah terkait menumbuhkan jiwa nasionalisme di lingkungan masyarakat.
Arif Yudianto juga berpesan agar Pemerintah giat melakukan sosialisasi pada masyarakat untuk ikut serta berpartisipasi mendukung gerakan mengumandangkan Mars Pancasila di tempat publik.” Kami juga berharap kegiatan seperti ini akan selalu dilakukan untuk seterusnya” pungkasnya.
Senada dengan Arif Yudianto, pihak pengelola Dhoho Plaza Febri Ariana juga melaksanakan gerakan memutar lagu Mars Pancasila di area Dhoho Plaza Kediri. Mereka juga melakukannya secara rutin setiap hari pada pukul 14.00 WIB. 
Sedikit berbeda dengan tempat lain, pengelola Dhoho Plaza tidak memberikan himbauan terlebih dahulu sebelum lagu Mars Pancasila diputar. Para karyawan hanya memberikan contoh dengan berhenti beraktivitas sebentar saat lagu Mars dikumandangkan. Sehingga pengunjung akhirnya juga mengikuti apa yang dilakukan oleh para karyawan Dhoho Plaza dengan berhenti beraktivitas dan mendengarkan lagu Mars Pancasila.
“Cara kami memberitahukan kepada pengunjung bukan melalui himbauan lewat pengeras suara, namun memberikan contoh dengan berhenti beraktivitas sebentar dan mendengarkan lagu Mars Pancasila sehingga pengunjung mengikuti apa yang dilakukan oleh para karyawan kami” ungkap Febri Ariana.
Ia berharap gerakan untuk membangkitkan jiwa Nasionalisme seperti ini akan terus dilakukan seterusnya. “Kami dari pihak pengelola begitu senang dengan adanya gerakan seperti ini, dan semoga tidak berhenti sampai disini saja tetapi akan terus dilakukan rutin setiap hari. Kegiatan seperti ini dapat memupuk rasa nasionalisme untuk masyarakat Kota Kediri” pungkas Febri Ariana.
Sementara itu, Fitriana Dewi salah satu pengunjung Mall mengatakan bahwa sebenarnya belum mengetahui gerakan mendengarkan lagu Mars Pancasila ini. Dia baru mengetahui ketika berkunjung ke Kediri Mall untuk berbelanja kebutuhan.
“Saya sebenarnya belum tahu kalau ada gerakan mendengarkan lagu Mars Pancasila ini. Saya baru mengetahui lewat himbauan pengelola Kediri Mall sebelum gerakan ini dilaksanakan” ungkap Fitriana Dewi.
Fitriana juga merasa senang dengan gerakan seperti ini, karena dapat menumbuhkan nilai-nilai Pancasila di dalam dirinya. Fitriana juga berpesan agar lagu Mars Pancasila ini tidak hanya diputar di pusat perbelanjaan saja. Namun juga diputar di area publik dan fasilitas umum lainnya.
“Semoga pemerintah juga mengumandangkan lagu Mars Pancasila ini di tempat-tempat umum seperti Stasiun Kereta, Terminal, dan di area perkantoran. Agar nilai-nilai Pancasila selalu ada dalam aktivitas kita sehari-hari” pungkasnya.(glh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *