24 Juli 2024
Ketua DPRD Kabupaten Kediri Ajak Media untuk Perangi Hoaks

Ketua DPRD Kabupaten Kediri Ajak Media untuk Perangi Hoaks

Kediri, demonstran.id – DPRD Kabupaten Kediri menggelar diskusi tematik bersama seluruh insan pers kediri raya. Diskusi tematik tersebut dengan tema ” Bersama Media Merawat Nusantara”.

Kegiatan diskusi tersebut dilaksanakan di Ruang Graha Sabbha Canda Bhirawa DPRD Kabupaten Kediri, Rabu, (27/04/2022) petang.

Ketua DPRD Kabupaten Kediri, Dodi Purwanto dalam sambutannya mengajak kepada seluruh insan media bersama-sama melawan hoax atau berita palsu yang menjadi salah satu ancaman terbaru bagi persatuan dan kesatuan bangsa.

“Banyak berita dimedia sosial yang sifatnya hoax. Kalau hal itu tidak kita cegah maka kasihan anak cucu kita. Kami tidak ingin Indonesia menjadi seperti Yugoslavia atau bahkan nenek moyang seperti Majapahit Sriwijaya itu hilang di peta dunia,” ucapnya dalam sambutan mengawali dibukanya kegiatan diskusi tematik tersebut.

Lebih lanjut Dodi mengatakan terkait masalah suku, agama, budaya, dan bahkan narkoba sering dijadikan hoax oleh pihak-pihak tak bertanggung jawab, untuk memecah belah dan mengadu domba masyarakat. Oleh karena itu, dia mengungkapkan jika kesadaran dari masyarakat dan juga awak media perlu ikut andil dalam melawan hoax. Dengan bersatu melawan hoax, menurutnya juga merupakan wujud persatuan dan kesatuan bangsa.

“Jangan sampai karena berita hoax menjadikan celah mengadu domba kita untuk memecah kita dari persatuan kesatuan sehingga Indonesia ini nantinya tidak muncul di dalam peta dunia. Harapan kami kita tetap bersatu dan menjaga solidaritas agar terwujud sebuah Indonesia yang eh cinta damai,” tegas Dodi.

Dalam kegiayan tersebut, juga dihadir beberapa narasumber diantaranya Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kediri, Bambang Iswahyudi, Ketua Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Kediri, Roma Duwi Juliandi, Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kediri, Novika Dian, dan pemimpin Radio Andhika fm, Rofiq Huda.(yy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *