24 Juli 2024
Jalan PB Sudirman Banyakan Kediri Akan Dilebarkan Untuk Akses Menuju Bandara

Jalan PB Sudirman Banyakan Kediri Akan Dilebarkan Untuk Akses Menuju Bandara

Kediri, demonstran.id – Perluasan atau pelebaran akses jalan umum menuju Bandara Dhoho Kediri tengah dikaji saat ini. Sesuai dengan rencana, pengerjaan pelebaran jalan tersebut akan dilakukan tahun ini. Mengingat, pada pertengahan tahun 2023 mendatang, bandara bertaraf Internasional itu mulai dioperasionalkan.

Irwan Chandra, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Kediri mengatakan, ada kurang lebih 3,3 KM terkait panjang jalan yeng dibutuhkan untuk dilakukan pelebaran.

“Rencana pelebaran jalan menuju Bandara ini sedang kita bahas dengan Bappeda dan Pemprov Jatim. Pembahasan tersebut juga sudah berlangsung sebanyak tiga kali pertemuan ini,” kata Irwan kepada Demonstran id, Selasa (22/2).

Perluasan jalan itu, menurut Irwan, akan melibatkan Jalan PB Sudirman yang terletak di Kecamatan Banyakan.

Irwan mengaku, ada sejumlah opsi yang akan dilakukan dalam perluasan jalan tersebut. “Namun opsi yang paling memungkinkan adalah melakukan pelebaran jalan eksisting tanpa melakukan pembebasan lahan. Sebab, bila harus dilakukan pembebasan lahan, maka proses pelebaran jalan akan membutuhkan proses lama,” ungkapnya.

Irwan menerangkan, kebutuhan pelebaran jalan untuk menunjang bandara tersebut diperkirakan kurang lebih 8 meter. Sedangkan bila melihat lebar jalan di PB Sudirman kurang lebih 4 meter – 5 meter.

“Namun, kalau kita lakukan pengukuran dari ujung pagar sampai ujung pagar, lebar jalan yang ada di PB Sudirman bisa mencapai kurang lebih 10 meter”.

“Tapi semua itu masih berupa opsi, kita juga masih belum melakukan pengukuran secara langsung di lapangan. Yang jelas, dalam waktu dekat, kita akan segera ambil keputusan, termasuk menyangkut pelaksanaan, waktu dan anggaran,” terang Irwan.(glh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *