24 Juli 2024
Harga Kedelai Tinggi, Pengusaha Tahu Tetap Berproduksi

Harga Kedelai Tinggi, Pengusaha Tahu Tetap Berproduksi

Kediri, demonstran.id – Tingginya harga kedelai tak menyurutkan semangat perajin tahu asal Desa Mondo Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri untuk terus berproduksi.

Ahmad merupakan satu-satunya perajin tahu di Desa Mondo. Dalam sekali produksi Ahmad bisa menghabiskan sebanyak 21 kilogram kedelai untuk membuat tahu yang ia kerjakan sendiri sejak delapan tahun belakangan.

Tahu hasil buatannya biasa ia jajakan di pasar Mondo, jika tidak habis Ahmad memilih untuk menjajakan dengan cara berkeliling Desa Mondo.

Mengenai kesulitan dalam proses pembuatan tahu, Ahmad mengungkapkan tidak ada kesulitan yang berarti. Hanya saja harga kedelai yang kerap melambung membuat Ahmad harus memangkas jumlah kedelai yang ia gunakan untuk membuat tahu.

“Tidak ada kendala dalam membuatnya, cuma masalahnya ada di harga kedelai otomatis jumlah produksi harus saya kurangi,” ungkapnya.

Ditanya soal apakah memungkinkan berhenti produksi jika harga kedelai terus naik, Ahmad tetap memilih produksi karena memproduksi tahu merupakan profesinya.

“Saya tidak bisa berhenti membuat tahu karena ini sudah pekerjaan saya” tutupnya.

Ahmad sendiri mulai membuat tahu mulai pukul 14.00 siang hingga pukul 17.30 petang dengan menggunakan alat tradisional yang ia gunakan sejak 2014 silam.

Untuk diketahui harga kedelai di pasaran hingga saat ini mencapi Rp 11.000,- per kilogramnya.(lib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *