24 April 2024
Gus Ab : Ibadah Sholat di rumah Saja Selama PPKM Darurat

Gus Ab : Ibadah Sholat di rumah Saja Selama PPKM Darurat

Kediri, demonstran.id – Salah satu aturan PPKM Darurat untuk mencegah terjadinya kerumunan adalah dengan cara menghimbau untuk beribadah di rumah. Cara itu dinilai dapat menekan angka penyebaran Covid-19 yang akhir-akhir ini meningkat.

Abu Bakar Abdul Jalil Ketua PC NU Kota Kediri menanggapi  hal tersebut mengatakan bahwa kebijakan Pemerintah ini pastinya didasari niat baik untuk memutus penyebaran virus Covid-19. Himbauan untuk beribadah di rumah saja pada hakikatnya yang dinilai itu adalah pelaksanaanya.

“Ketetapan atau kebijakan Pemerintah itu pastinya membawa kebaikan. Maka dari itu kita harus paham untuk bisa menyikapi kebijakan PPKM Darurat. Terkait anjuran untuk beribadah di rumah sebenarnya hakikat dari beribadah adalah pelaksanaanya daripada tempatnya. Jadi kalau sholat di rumah dengan berjamaah itu lebih utama daripada sholat di masjid tapi tidak berjamaah”, ungkap Abu Bakar Abdul Jalil yang biasa dipanggil Gus Ab, Jum’at, (9/7).

Dengan adanya aturan untuk melaksanakan sholat di rumah, Gus Ab yang juga menjabat sebagai Ketua  Dewan Masjid Kota kediri menjelaskan bahwa pihaknya telah memberi himbauan kepada takmir masjid dan memasang himbauan di masjid agar masyarakat melaksanakan sholat di rumah saja.

“Masalahnya bukan tidak boleh sholat di masjid. Namun kalau itu menyebabkan kerumunan, itu yang akan menjadi masalah. Maka dari itu kita juga melakukan dari berbagai cara salah satunya kita menghubungi para takmir masjid ini. Selain itu kita juga memasang himbauan-himbauan agar masyarakat melaksanakan sholat di rumah saja”, ucap Gus Ab.

Di akhir percakapannya, Gus Ab berharap kepada takmir dan jamaah masjid Se-Kota Kediri agar selalu menaati  aturan PPKM Darurat yang sudah ditetapkan oleh Pemerintah. Dan untuk kegiatan ibadah diharapkan dilakukan di rumah saja selama masa PPKM Darurat ini dilaksanakan. 

“Kita Harapkan kepada segenap takmir dan jamaah masjid Se-Kota Kediri untuk selalalu taat aturan PPKM Darurat yang sudah ditetapkan oleh Pemerintah. Lalu tentang masalah ibadah sholat saya rasa bisa dilakukan dirumah saja. Baik itu sholat fardhu berjamaah atau sholat Jum’at. Semoga dengan kita menaati aturan dari pemerintah, kita dapat membantu untuk menekan penyebaran virus Covid-19”, tutur Gus Ab.(glh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *