25 Juli 2024
Fokus Bangun Pondasi Untuk Wujudkan Atlet Berprestasi

Fokus Bangun Pondasi Untuk Wujudkan Atlet Berprestasi

Kediri, demonstran.id – Esok adalah misteri. Tak ada satupun yang tahu akan masa depan. Namun perencanaan secara matang dinilai sebagai upaya agar tetap berdaya di masa depan.

Menyadari akan hal itu, langkah konkret pun diambil oleh Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Kediri, Dedi Kurniawan.

Menurutnya, dalam mewujudkan harapan itu perlu adanya pondasi yang kuat. Sejumlah program pun mulai dirancang dan diterapkan untuk memulai membangun pondasi tersebut.

Di antaranya, mulai dari pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) terhadap pelatih melalui fasilitasi kursus lisensi.

Menurut Dedi, mengupgrade kemampuan maupun ilmu pengetahuan pelatih yang terus berkembang, dinilai dapat memberikan dampak positif dalam mencetak atlet berprestasi di masa depan.

“Mulai detik ini, kita benar-benar mempersiapkan SDM pelatih sebagai pondasi awal yang harapannya dapat bermuara terhadap prestasi atlet ke depannya. Saya yakin, bila pelatihnya berkualitas, maka akan tumbuh banyak atlet yang juga berkualitas,” ujarnya, Kamis (14/4/22).

Tak hanya program bagi pelatih, Dedi sebagai pemegang kendali induk seluruh cabor Kabupaten Kediri itu juga memiliki program untuk menghasilkan atlet terbaik di Kabupaten Kediri yang orientasinya dapat berkiprah ke jenjang nasional.

“Di mana, hal itu dikemas melalui program Pemusatan Latihan Kabupaten atau Puslatkab. Puslakab dibuat memang untuk program Bidang Pembinaan Prestasi (Binpres),” bebernya.

“Melalui Puslatkab ini, atlet memang kita siapkan dalam proyeksi disejumlah penyelenggaraan event olahraga. Mulai dari ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov), Kejuaraan Nasional (Kejurnas), dan kejuaraan multi event lainnya. Dengan metode Puslatkab yang terstruktur ini, harapannya memang dapat memunculkan atlet-atlet berpotensi yang siap untuk berprestasi,” ucapnya.

Menurut Dedi, Puslatkab merupakan program kepelatihan yang cukup kompleks.

“Apalagi dengan sistem promosi dan degradasi untuk menentukan atlet yang benar-benar layak diproyeksikan di sejumlah event, serta adanya parameter tes terhadap para atlet, memang menjadikan Puslatkab ini diharapkan dapat menjawab sekaligus sebagai pemecahan masalah terhadap prestasi di Kabupaten Kediri selama ini,” terang dia. (glh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *