31 Mei 2024
Curah Hujan Tinggi, DLHKP Kota Kediri Sigap Pelihara Pohon

Curah Hujan Tinggi, DLHKP Kota Kediri Sigap Pelihara Pohon

Kediri, demonstran.id – Beberapa hari terakhir, Kota Kediri dilanda hujan dengan intensitas cukup tinggi. Saat dihubungi, Indun Munawaroh, Plt. Kepala BPBD Kota Kediri menyampaikan adanya peningkatan suhu di permukaan laut Jawa. “Sehingga di beberapa wilayah di Pulau Jawa mengalami peningkatan pembentukan awan dan terjadi hujan,” jelasnya. Indun menambahkan, sampai saat ini BMKG belum merilis mengenai fenomena ini.
Menyikapi kondisi ini, langkah antisipasi dilakukan oleh pihak DLKHP Kota Kediri. Datik Indrijaswati, Kabid Pertamanan dan Tata Lingkungan DLHKP Kota Kediri menyampaikan, setiap hari tim Ruang Terbuka Hijau menyurvei dan melakukan pemeliharaan serta perampasan pada pohon. Tim eksekutor ini dibagi menjadi 3 tim untuk tiap kecamatan. “Ini dilakukan untuk mengurangi resiko pohon tumbang atau batang patah,” jelasnya. Meskipun begitu, ia tetap tidak menutup kemungkinan kejadian alam di luar kendali. “Kami tetap standby untuk antisipasi ketika ada pohon yang roboh,” tambahnya. 
Survei kelayakan pohon dilakukan di seluruh jalur protokol dan arteri Kota Kediri. Ratusan pohon dicek mulai dari fisik batang pohon, keberadaan pohon, dan keamanan pohon. “Biasanya kami mengecek apakah batang pohon dimakan rayap, apakah mengganggu teras rumah atau jaringan listrik, serta menghalangi lampu jalan raya atau tidak,” jelasnya. Selain itu, survei juga berdasarkan permohonan dari warga Kota Kediri. Warga mengajukan ke kantor DLHKP dan mengisi formulir yang ada. 
Saat ini, Kota Kediri memiliki ruang terbuka hijau publik seluas 18,5% dari target 20% luas area Kota Kediri. Target ini akan ditingkatkan dengan penggalakan program penghijauan. Didik Catur, Kepala DLKHP Kota Kediri, mengharap kolaborasi positif warga Kota Kediri, ikut serta menjaga pohon yang ada dan tidak melakukan penindakan sepihak. “Ini sesuai arahan Walikota Kediri untuk “menghijaukan” Kota Kediri, ” ungkap Didik. Tambahnya, dengan banyaknya pohon, suplai oksigen meningkat dan kualitas udara di Kota Kediri semakin baik.(glh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *