29 November 2022
Wali Kota Beri Jawaban Atas Pandangan Umum Delapan Fraksi DRPD Kota Kediri

Wali Kota Beri Jawaban Atas Pandangan Umum Delapan Fraksi DRPD Kota Kediri

Kediri, demonstran.id – Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar memberikan jawabannya atas Pandangan Umum Fraksi DPRD Dalam Rangka Pembahasan dan Penetapan Rancangan APBD tahun Anggaran 2023. Kedelapan fraksi DPRD Kota Kediri menyampaikan pandangan umumnya dalam Rapat Paripurna, Senin (21/11) bertempat di Ruang Sidang DPRD Kota Kediri.

Para fraksi menyampaikan pandangan umum dan pertanyaan terhadap kegiatan Raperda APBD tahun anggaran 2023 Kota Kediri. Beberapa hal yang disampaikan oleh kedelapan fraksi diantaranya mengenai evaluasi terhadap kinerja BUMD Kota Kediri agar dapat meningkatkan PAD, fokus anggaran Prodamas Plus, kebijakan terkait ikon Kota Kediri, alokasi dana bagi hasil cukai hasil tembakau dan lainnya.

Wali Kota Kediri menuturkan bahwa upaya yang dilakukan Pemerintah Kota Kediri dalam merealisasikan ikon Kota Kediri didasari pada nilai sejarah, potensi ekonomi dan keunikan yang mengarah pada keberadaan Sungai Brantas yang membentang dari Jembatan Bandar Ngalim sampai Jembatan Semampir. Pengembangan koridor Brantas dilaksanakan bertahap secara kolaborasi dengan dunia usaha. “Saat ini Pemerintah Kota Kediri telah menyusun Rencana Tata Bangunan dan Lingkungan (RTBL) Central Business District (CBD) yang di dalamnya terdapat rencana penataan sempadan Sungai Brantas,” ungkap Wali Kota Kediri.

Lebih lanjut Abdullah Abu Bakar menuturkan dalam hal upaya menekan kebocoran penerimaan PAD, Pemkot Kediri melaksanakan tata kelola pemungutan yang berorientasi pada sistem informasi. Sedangkan untuk memonitor kondisi kesehatan BUMD untuk mendongkrak PAD upaya yang dilakukan yakni melakukan evaluasi dan monitoring kinerja BUMD tiap triwulan, lalu pendampingan terkait pengelolaan BUMD, evaluasi tahunan serta memberikan target peningkatan laba dari tahun ke tahun.

Rapat Paripurna dipimpin oleh Ketua DPRD Kota Kediri Gus Sunoto serta dihadiri perwakilan Forkopimda Kota Kediri, Wakil Ketua DPRD Firdaus dan Katino, Sekretaris Daerah Kota Kediri Bagus Alit, Sekretaris DPRD Kota Kediri Rahmad Hari Basuki, Kepala OPD, dan anggota DPRD Kota Kediri. Penyampaian pandangan umum fraksi PDIP diwakili oleh Ganik Permana, fraksi PAN diwakili Anton Dipayasa, fraksi Gerindra diwakili oleh Sriana, fraksi Nasdem diwakili Yasin, fraksi PKB diwakili Afif Fachrudin Wijaya, fraksi Demokrat diwakili Hendi Suryo Djatmiko, fraksi Karya Nurani diwakili Bambang Giantoro, dan fraksi Keadilan Pembangunan diwakili Nurfulaily.(glh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *