4 Maret 2024
Pelaku Perusak Sarana Ibadah Pure Dipa Giri Sakti Mengaku Mendapat Bisikan Ghaib

Pelaku Perusak Sarana Ibadah Pure Dipa Giri Sakti Mengaku Mendapat Bisikan Ghaib

Kediri, demonstran.id – Polres Kediri Kota dengan cepat menangapi laporan pengrusakan pengapit sesaji di Pura Dipa Giri Sakti, Desa Bulusari, Kecamatan Tarokan. Petugas mengamankan seorang terduga pelaku berinisial SG (37) warga Desa Bulusari, Kecamatan Tarokan. 

Pengrusakan dua pengapit sesaji pintu tersebut diketahui Sukarno selaku pemangku pura pada Minggu (24/4) sekitar pukul 19.30 WIB. Saksi mengetahui dua pengapit sesaji, padmasana, patung dewi sekartaji dan penglurah di Pura Giri Sakti rusak. 

Kejadian tersebut kemudian dilaporkan ke Polsek Tarokan untuk ditindaklanjuti. Mendapat laporan tersebut, petugas Sat Reskrim Polres Kediri Kota, Sat Intelkam dan Polsek Tarokan melakukan serangkaian penyelidikan. Petugas melakukan pemeriksaan terhadap empat orang saksi. 

Dari keterangan para saksi menyebutkan bahwa sekitar pukul 19.00 WIB, saksi melihat SG (pelaku) mengendarai sepeda motor di sekitar lokasi. Petugas bersama perangkat desa mendatangi rumah SG untuk melakukan 

SG mengakui telah merusak dua pengapit sesaji pintu, patung dewi sekartaji, patmasana dan penglurah. SG mengaku pada saat melakukan pengrusakan tersebut dengan alasan mendapatkan bisikan ghaib. Diduga pelaku mengalami gangguan jiwa. 

“Pelaku merusak menggunakan sebuah palu. Dia mengaku mendapatkan bisikan ghoib, diduga pelaku mengalami gangguan jiwa,” ungkap Kapolres Kediri Kota AKBP Wahuyudi, S.I.K., M.H.

AKBP Wahyudi S.I.K., M.H mengatakan, pihaknya memediasi pertemuan SG dengan pihak pengurus Pura. Pihak pura menerima permintaan maaf SG, dan sepakat kedua belah pihak tidak akan memperpanjang peristiwa tersebut. 

“Pihak keluarga telah meminta maaf atas perbuatan yang dilakukan Pelaku kepada pihak pura dan masyarakat. Pengurus pura telah memaafkan dan memaklumi perbuatan SG” tegas AKBP Wahyudi, S.I.K., M.H.(glh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *