29 November 2022
Kader Kesehatan Harus Lebih Memiliki Awareness Pada Masyarakat

Kader Kesehatan Harus Lebih Memiliki Awareness Pada Masyarakat

Kediri, demonstran.id – Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar menyerahkan penghargaan kepada pemenang Lomba Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Musala, Lomba Kelurahan Siaga dan Duta Promosi Kesehatan pada Gebyar Kader Kelurahan Siaga di Gor Jayabaya Kota Kediri, Kamis (24/11). Lomba tersebut merupakan rangkaian peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-58.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh kader di Kota Kediri. Karena kader di Kota Kediri semakin lama semakin baik. Kita ingin generasi setelah kita itu harus lebih baik dari kita. Makanya kita tekankan ada pengukuran untuk stunting dan lainnya juga,” ujar Wali Kota Kediri.

Abdullah Abu Bakar menambahkan bahwa di Kota Kediri angka stunting masih 8%, untuk itu di tahun 2023 harapnnya tidak ada stunting di Kota Kediri. Selain itu, ibu hamil yang beresiko juga tidak boleh sampai tidak terdeteksi oleh karena itu perlunya perhatian dari kader, puskesmas dan dinas kesehatan. Semua hal terkait kesehatan ini harus dipetakan demi kesehatan seluruh warga Kota Kediri.

Pada kesempatan tersebut, Wali Kota Kediri juga berpesan kepada seluruh kader di Kota Kediri agar lebih memiliki _awareness_ terhadap masyarakat. Misal ada warga yang sakit dan tidak bisa datang ke rumah sakit, kader bisa membantu warga tersebut untuk menghubungi layanan Home Care Peduli maupun mengantarkan ke fasilitas kesehatan seperti ke puskesmas atau rumah sakit. Karena di Kota Kediri letak puskesmas juga tidak begitu jauh dan cukup merata sebarannya. 

Dalam Lomba PHBS Musala, Juara 1 diraih oleh Mushola Al-A’mal Kelurahan Mrican, Juara 2 diraih oleh Mushola At-Taqwa Kelurahan Tosaren, dan Juara 3 Mushola Al-Hijriah Kelurahan Bangsal. Pada Lomba Kelurahan Siaga juara 1 diraih oleh Kelurahan Ringinanom Wilayah Puskesmas Kota Wilayah Utara, juara 2 diraih oleh Kelurahan Burengan Wilayah Puskesmas Pesantren 2 dan juara 3 diraih oleh Kelurahan Bandar Kidul Wilayah Puskesmas Campurejo. Sementara itu, untuk Duta Promosi Kesehatan juara 1 Puskesmas Kota Wilayah Selatan, juara 2 diraih oleh Puskesmas Sukorame dan juara 3 diraih oleh Puskesmas Wilayah Utara. 

Hadir pula dalam kegiatan ini Kepala Dinas Kesehatan Kota Kediri Fauzan Adima, Ketua PCNU Kota Kediri Abu Bakar Abdul Jalil, dan kader kelurahan se-Kota Kediri.(glh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *