25 September 2022
Jembatan Lama Difungsikan Kembali

Jembatan Lama Difungsikan Kembali

Kediri, demonstran.id – Jembatan Lama Kota Kediri kembali difungsikan. Pengoprasian kembali Jembatan Lama itu tak lepas sebagai upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Kediri untuk mengurai kemacetan, akibat ditutupnya Jembatan Bandar Ngalim Kota Kediri yang akan dilakukan rekontruksi

Pembangunan Jembatan Bandar Ngalim Kediri sendiri membutuhkan waktu selama 1 tahun yang akan dimulai pada 25 September 2022 besok.

Saat proses pembangunan Jembatan Bandar Ngalim Kediri berjalan, jembatan penyeberangan Sungai Brantas di sebelah timur Alun-Alun Kota Kediri itu akan ditutup total dan arus lalu lintas dialihkan.

Jembatan Bandar Ngalim ini tidak hanya dilalui kendaraan pribadi namun juga kendaraan umum. Pemerintah membangun kembali jembatan yang sudah berdiri sejak tahun 1973 itu serta memperlebar.

Pemerintah Kota Kediri melalui Dinas Perhubungan dan Satlantas Polres Kediri Kota Kediri telah membuat rute pengalihan lalu lintas. Diharapkan tidak terjadi kemacetan akibat dari perbaikan Jembatan Bandar Ngalim.

“Kita akan berikan rambu-rambu sehingga tidak membingungkan pengguna jalan. Kita pikirkan mana yang terbaik agar penguraian lalu lintas berjalan lancar. Harapan saya kurang dari satu tahun jembatan ini sudah bisa digunakan lagi,” jelas Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar.

Wali Kota Kediri menambahkan, untuk mengurai kendaraan Jembatan Lama difungsikan kembali. Namun hanya boleh dilalui kendaraan roda dua, roda tiga dan pejalan kaki, atau tidak diperbolehkannya kendaraan roda empat masuk melintasi Jembatan Lama.

Dengan diperbaiki dan dilebarkannya Jembatan Bandar Ngalim dapat terjadi percepatan di Kota Kediri.

“Saya minta teman-teman media bisa membagikan informasi ini kepada masyarakat. Kami juga akan terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat melalui sosial media. Semoga dengan perbaikan jembatan ini memberikan dampak positif bagi Kota Kediri,” pungkasnya.

Brug Over den Brantas te Kediri atau yang dikenal dengan nama jembatan lama di Kota Kediri sudah berusia lebih dari 1 abad. Jembatan itu membelah Sungai Brantas dan menghubungkan sisi timur dan barat Kota Kediri.

Berdiri Tahun 1869, jembatan tersebut lebih tua daripada Jembatan Brooklyn di Amerika Serikat karya insinyur John Augustus Roebling yang berdiri pada Tahun 1883.

Jembatan Lama Kota Kediri dibangun Belanda sejak Tahun 1855 dan diresmikan serta dibuka untuk umum pada 18 Maret 1869.

Jembatan ini hasil karya arsitek Sytze Westerbaan Muurling. Jembatan tersebut telah ditetapkan sebagai bangunan cagar budaya berdasarkan SK Wali Kota Kediri

Jembatan bersejarah ini harus terus dijaga dari segala komponen yang bisa berpotensi merusaknya.

Selain menyimpan banyak sejarah, jembatan tersebut merupakan jembatan pertama berkontruksi besi di Indonesia yang dibangun oleh pemerintah kolonial Belanda.(glh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.