29 November 2022
Gubernur Jawa Timur Ajak Sedekah Oksigen 

Gubernur Jawa Timur Ajak Sedekah Oksigen 

Kediri, demonstran.id – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur mengajak seluruh elemen masyarakat untuk mencintai dan menjaga lingkungan yang dimulai dengan tindakan sederhana yakni sedekah oksigen. Hal itu bisa dilakukan dengan menanam pohon dimulai dari murid di tingkat RA, Paud dan TK pada halaman sekolah masing-masing.

“Beberapa hal sederhana bisa menjadi wujud nyata untuk ikut menjaga lingkungan kita, agar tetap sehat dan lestari. Seperti hari ini kita bawa 150 pohon. Saya sampaikan kepada TK, RA dan PAUD untuk menanam pohon Ketapang, kalau halamannya luas bisa menanam trembesi, karena bisa menyimpan cadangan air yang banyak, jadi banyak hal yang bisa kita lakukan dari kekuatan jaringan Muslimat NU ini,” ucapnya usai menghadiri Pelantikan Pimpinan Cabang (PC) Muslimat NU Kediri di Kecamatan Ngasem, Sabtu (3/9/2022).

Menurut Khofifah, melalui tindakan yang sederhana tersebut, masyarakat ikut mewujudkan kepedulian akan pentingnya udara segar. Meskipun sederhana, namun dampaknya bisa cukup besar bagi lingkungan.

“Saya mengajak masyarakat luas untuk sedekah oksigen, kalau bisa menanam mangrove silahkan, karena bisa menyimpan 5 kali lipat cadangan oksigen di dalamnya daripada di daratan,” ucapnya. 

Khofifah sekaligus Ketua PP Muslimat NU ini juga mengajak seluruh kader Muslimat NU agar terus berjuang dengan tulus ikhlas demi agama dan bangsa. Selain itu semua kader juga harus sadar akan pentingnya lingkungan alam di sekitar tanpa mencemari dan merusak yang telah diberikan dari Tuhan dan selalu merawat. 

“Di Jawa Timur sendiri dataran mangrove kita yang terbesar dan terluas diantara daratan mangrove di Jawa lainnya. Kita saat ini juga kerjasama dengan Yayasan Gajah Sumatera yang menyiapkan bibit pohon mangrove dan mengelola hilirisasinya sampai 20 tahun kedepan. Kalau teman semua mau tanam, ada lahan saya siap terjun langsung, karena bibitnya ada,” ungkapnya. 

Terpisah, Ketua terpilih PC Muslimat NU Kabupaten Kediri, periode 2022-2027, Hj. Mudawamah menyampaikan kepada pengurus yang baru saja dilantik diharapkan bisa lebih baik dalam berkhidmah, bermanfaat bagi warga Nahdliyin dan warga Kediri. 

Sementara itu, menanggapi adanya sedekah oksigen yang diinisiasi oleh Khofifah tersebut, dirinya sangat mengapresiasi dan diharapkan bisa terus berkembang baik di Kediri. 

“Mudah – mudahan ini bisa menjadi proses yang panjang bagi kehidupan yang maslahah,” ungkapnya.(glh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *