28 Maret 2024
98,71 Persen Warga Kota Kediri Telah Terdaftar Program Jaminan Kesehatan Nasional, Wali Kota Kediri Terima UHC Award 2023

98,71 Persen Warga Kota Kediri Telah Terdaftar Program Jaminan Kesehatan Nasional, Wali Kota Kediri Terima UHC Award 2023

Kediri, demonstran.id – Pemerintah Kota Kediri meraih penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Award 2023. Penghargaan diserahkan oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dan diterima oleh Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar, Selasa (14/3) di Jakarta. UHC dapat dicapai apabila kepesertaan lebih dari 95 persen dari jumlah penduduk dan yang telah mendaftarkan penduduk melalui segmen peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) Pemerintah Daerah (Pemda). Di Kota Kediri sendiri sebanyak 289.501 jiwa dari 293.287 jumlah penduduk Kota Kediri, atau 98,71 persen penduduk telah terdaftar dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). 

“Alhamdulillah hari ini Pemerintah Kota Kediri mendapat penghargaan UHC. Pemerintah Kota Kediri diberi penghargaan ini karena sejak tahun 2022 kami sudah UHC. Saat ini sudah 98,71 persen warga Kota Kediri sudah tercover UHC BPJS Kesehatan,” ujarnya. 

Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar mengajak semua pihak untuk bersama-sama meningkatkan capaian UHC. Harapannya 100 persen warga Kota Kediri sudah terdaftar JKN. Sehingga kesehatan masyarakat Kota Kediri sudah terjamin semua. “Jadi kalau ada saudara atau tetangga yang belum terdaftar BPJS kesehatan segela lapor ke Kantor Kelurahan agar segera didaftarkan. Kalau ada keluarga yang sakit bisa langsung dibawa ke fasilitas kesehatan,” ujarnya.

Abdullah Abu Bakar berpesan kepada seluruh pemangku kesehatan agar terus meningkatkan kualitas pelayanannya. Apabila layanan kesehatan semakin baik maka masyarakatpun akan puas dan tidak enggan memeriksakan diri di fasilitas kesehatan. Ke depan, diharapkan masyarakat yang datang ke fasilitas kesehatan tidak hanya berobat namun bisa memeriksakan diri untuk deteksi dini. “Sesuai amanah dari Bapak Wakil Presiden bahwa seiring dengan meningkatnya capaian UHC maka layanan di fasilitas kesehatan juga harus ditingkatkan. Mudah-mudahan kita terus bisa tingkatkan kebijakan di bidang kesehatan,” pesannya.

Dalam acara ini dihadiri oleh Wakil Presiden Republik Indonesia KH. Ma’ruf Amin, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, dan tamu undangan lainnya.(glh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *